Vocab Jaringan Komputer … !!!!

Vocab Jaringan Komputer … !!!!

Jaringan komputer adalah interkoneksi komputer untuk mengirimkan informasi di antara mereka sesuai dengan aturan atau protokol tertentu. Sangat penting untuk mengetahui tentang istilah-istilah umum seperti Router, switch, Firewall, Hub dll yang digunakan dalam jaringan komputer. Untuk masalah komputer apa pun, gunakan layanan komputer Impcsupport yang andal. Mereka menyediakan 24 * 7 dukungan teknis online selama 365 hari.

Jaringan komputer adalah interkoneksi komputer untuk berbagi informasi sesuai dengan beberapa aturan atau protokol tertentu. Data ini ditransmisikan melalui model OSI (open system interonnection). Dalam proses ini dalam satu perangkat mampu mengirim / menerima data ke / dari setidaknya satu proses yang berada di perangkat jarak jauh, maka kedua perangkat tersebut dikatakan berada dalam jaringan. Jaringan adalah sekelompok perangkat yang terhubung satu sama lain. Jaringan dapat diklasifikasikan ke dalam beragam karakteristik, seperti media yang digunakan untuk mengangkut data, protokol komunikasi yang digunakan, skala, topologi, manfaat, dan ruang lingkup organisasi. Pada artikel ini saya akan membuat Anda mengetahui tentang beberapa istilah umum yang digunakan di bidang jaringan:

· Jaringan Komputer: Jaringan komputer adalah interkoneksi komputer untuk mengirimkan informasi antar komputer melalui saluran komunikasi. Ini juga dapat diklasifikasikan berdasarkan aliran informasi seperti half duplex dan full duplex.

· Topologi Jaringan: Topologi jaringan adalah representasi geografis dari jaringan. Secara umum, jaringan komputer secara teknis diklasifikasikan berdasarkan topologi dari total jaringan yang mencakup struktur jaringan juga. Mereka dibagi menjadi jaringan Bus, jaringan Ring, jaringan Star, jaringan Mesh, jaringan Star-bus, jaringan Tree, jaringan Hybrid.

· Router: Router adalah perangkat yang dirancang untuk meneruskan paket data yang diterimanya, ke jaringan berikutnya yang tersedia atau berdekatan.

· Switch: Switch adalah pengendali virtual dari router dan jembatan. Sakelar mengontrol aliran yang dioperasikan dari masing-masing lapisan individual pada lapisan OSI. Kasus tertentu di mana perangkat beroperasi pada beberapa lapisan disebut multilayer switch.

· Bridges: Secara teknis, bridge bertindak sebagai penghubung antara lapisan data link dan lapisan jaringan. Tiga jenis jembatan adalah Jembatan Lokal, Jembatan Jarak Jauh dan jembatan Nirkabel. Jembatan datang dalam tiga tipe dasar:

  1. Jembatan lokal: Langsung menghubungkan LAN
  2. Remote bridge: Dapat digunakan untuk membuat tautan jaringan area luas (WAN) antar LAN. Remote bridge, di mana tautan yang terhubung lebih lambat dari jaringan akhir, sebagian besar telah diganti dengan router.
  3. Jembatan nirkabel: Dapat digunakan untuk bergabung dengan LAN atau menghubungkan stasiun jarak jauh ke LAN.

· Kartu Jaringan: Kartu jaringan adalah komponen perangkat keras yang paling penting dari suatu jaringan. Fungsionalitas lapisan yang paling penting adalah untuk memungkinkan komunikasi antara komputer dalam suatu jaringan.

· Firewall: Firewall adalah aspek penting dari jaringan sehubungan dengan keamanan. Biasanya menolak permintaan akses dari sumber yang tidak aman sambil memungkinkan tindakan dari yang dikenali. Peran vital firewall dalam keamanan jaringan tumbuh seiring dengan peningkatan serangan ‘cyber’ yang konstan untuk tujuan mencuri / merusak data, menanam virus, dll.

· Pengulang: Pengulang adalah perangkat elektronik yang menerima sinyal, membersihkannya dari kebisingan yang tidak perlu, memperbaruinya, dan mentransmisikannya kembali pada tingkat daya yang lebih tinggi, atau ke sisi lain dari penghalang, sehingga sinyal dapat menutupi jarak yang lebih jauh tanpa degradasi. Pada kebanyakan konfigurasi twisted pair Ethernet, repeater diperlukan untuk kabel yang beroperasi lebih dari 100 meter.

· Hub: Pengulang dengan beberapa port dikenal sebagai hub. Pengulang bekerja pada Lapisan Fisik model OSI. Repeater membutuhkan sedikit waktu untuk meregenerasi sinyal. Ini dapat menyebabkan penundaan propagasi yang dapat mempengaruhi komunikasi jaringan ketika ada beberapa repeater berturut-turut. Banyak arsitektur jaringan membatasi jumlah repeater yang dapat digunakan secara berturut-turut.

Untuk masalah apa pun yang terkait dengan jaringan komputer, gunakan dukungan teknis online yang disediakan oleh beberapa perusahaan terkenal seperti dukungan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *