Keamanan Komputer – Apa Persisnya Itu?

Keamanan Komputer – Apa Persisnya Itu?

Meskipun istilah ‘keamanan komputer’ banyak digunakan, isi komputer sebenarnya rentan terhadap beberapa risiko kecuali komputer terhubung dengan orang lain di jaringan. Karena penggunaan jaringan komputer (terutama Internet) telah meningkat secara dramatis selama beberapa tahun terakhir, istilah keamanan komputer sekarang digunakan untuk menggambarkan masalah yang merujuk pada penggunaan jaringan komputer dan sumber dayanya.

Bidang teknis utama keamanan komputer adalah kerahasiaan, integritas, dan otentikasi / ketersediaan.

Hal-hal penting lainnya yang menjadi perhatian para profesional keamanan komputer adalah kontrol akses dan non-penolakan. Kontrol akses merujuk tidak hanya pada kenyataan bahwa pengguna hanya dapat mengakses sumber daya dan layanan yang menjadi hak mereka, tetapi juga pada kenyataan bahwa mereka tidak dapat ditolak untuk mengakses sumber daya yang mereka harapkan secara sah. Nonrepudiation berarti bahwa seseorang yang mengirim pesan tidak dapat menyangkal dia mengirimnya dan sebaliknya.

Selain aspek teknis ini, konsep keamanan komputer sangat besar. Akar keamanan komputer diambil dari disiplin ilmu seperti etika dan analisis risiko dan topik utama yang memprihatinkannya adalah kejahatan komputer (mencoba untuk mencegah, mendeteksi dan memperbaiki serangan) dan identitas / anonimitas di dunia maya.

Meskipun kerahasiaan, integritas dan keaslian adalah hal yang paling penting dalam hal keamanan komputer secara umum, bagi pengguna internet sehari-hari, privasi adalah yang paling penting, karena banyak orang berpikir bahwa mereka tidak menyembunyikan apa pun atau informasi yang mereka berikan tidak tampak sensitif ketika mereka mendaftar dengan layanan / situs internet.

Tetapi ingat bahwa, di internet, informasi sangat mudah dibagikan di antara perusahaan dan informasi kecil terkait dari berbagai sumber dapat dihubungkan bersama untuk membentuk sesuatu yang jauh lebih kompleks tentang seseorang. Karena itu, saat ini, kemampuan untuk mempertahankan kontrol atas informasi apa yang dikumpulkan tentang mereka, siapa yang dapat menggunakannya dan bagaimana informasi itu dapat digunakan sangat penting.

Tag Artikel: Keamanan Komputer

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *